Kamis, 17 Maret 2016

MATERI UJIAN PRAKTEK KELAS IX 2015-2016



Tak terasa sudah waktunya untuk pelaksanaan ujian praktek untuk tahun ini, tepatnya mulai besok 21 Maret 2016 s.d selesai. Setelah  hampir 3 tahun siswa kelas IX MTsN Karangrejo Tulungagung menimba ilmu di Madrasah tercinta, maka menjelang akhir pembelajaran ini semuanya akan diuji praktek untuk beberapa mata pelajaran, yang salah satunya yaitu mapel favorit Tee ii Kaa (TIK-Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Sebenarnya ujian praktek ini hanya mengulang materi yang sudah diberikan, dan pada kesempatan yang baik ini saya akan berikan kisi-kisi/bocoran ataupun apalah namanya, yang penting semoga tulisan ini sebagai bahan belajar agar pada waktunya nanti ujian praktek semuanya akan dikerjakan dengan maksimal.

ok, berikut ini  materinya:

I. Soal Materi Microsoft Word
   A. Surat Undangan
   PETUNJUK PENGERJAAN  :
  1. Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Word.
  2. Aligment Justified
  3. Jenis huruf                            : Times New Roman
  4. Ukuran huruf                        : 12
  5. Margin atas (Top)                 : 4 cm
  6. Margin kanan (Right)            : 3 cm
  7. Margin bawah (Bottom)       : 4 cm
  8. Margin kiri (Left)                  : 3 cm
  9. Spasi                                    : 1,5 lines
  10. Ukuran kertas                       : Legal
  11. Gunakan fasilitas Shapes untuk menyisipkan Line/Garis.
  12. Gunakan fasilitas Paragraf First line untuk membuat paragraph baru.
  13. Gunakan fasilitas Bullets and Numbering untuk memberikan penomoran atau simbol-simbol lain.
  14. Ketiklah naskah sesuai dengan format font  :  huruf tebal, huruf miring, dan huruf garis bawah sesuai teks naskah.
  15. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.
 Contoh  : Filename = Bagus Wisnu Wardana IX I

 




     B. Surat Lamaran Pekerjaan
         Petunjuk pengerjaan  :
  1. Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Word.
  2. Aligment Justified
  3. Jenis huruf                               :  Times New Roman
  4. Ukuran huruf                           :  12
  5. Margin atas (Top)                    :  4 cm
  6. Margin bawah (Bottom)          :  3 cm
  7. Margin kiri (left)                      :  4 cm
  8. Margin kanan (Right)              :  3 cm
  9. Spasi                                      :  1.5 lines
  10. Ukuran kertas                         :  Legal
  11. Gunakan fasilitas Paragraf First line untuk membuat paragraph baru.
  12. Gunakan fasilitas bullets and numbering untuk memberikan penomoran atau symbol.
  13. Ketiklah naskah sesuai dengan format font  :  huruf tebal, huruf miring dan huruf garis bawah sesuai teks naskah.
  14. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.
Contoh  :   File name : Andriana IX I

II. Soal Materi Microsoft Excel
    A. Fungsi Logika IF
     PETUNJUK PENGERJAAN


Warna
Ket
Poin

Merge & Center
20

Sum (Penjumlahan)
20

Average (Rata-rata)
20

Fungsi IF
20

Border
20


100
  1. Ketiklah tabel di bawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
  2. Isikan Jumlah nilai dengan rumus fungsi SUM
  3. Isikan nilai rata-rata dengan rumus fungsi AVERAGE
  4. Isi keterangan dengan rumus fungsi logika IF, dengan ketentuan : Jika nilai rata-ratanya sama atau lebih dari KKM maka LULUS, dan jika kurang dari KKM maka TIDAK LULUS.
  5. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.

 B. Fungsi Statistik
     Petunjuk pengerjaan  :
  1. Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
  2. Isikan kolom Jumlah Tabungan dengan Rumus funngsi SUM
  3. Isikan kolom jumlah Total tabungan dengan Fungsi SUM.
  4. Isikan kolom jumlah Rata-Rata  dengan Fungsi Average.
  5. Isikan kolom jumlah Terbesar dengan Fungsi Max
  6. Isikan kolom jumlah terkecil dengan Fungsi Min.
  7. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing dan kelasnya.
 
 
 
 
  IV. Soal Materi Internet
PETUNJUK PENGERJAAN :
    File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :
    1. Aktifkan Internet browser (Web Browser) dengan Mozilla atau Internet Explorer.
    2. Masuk di halaman alamat email kalian (disini saya contohkan Yahoo!Mail.com)
    3. ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In
    4. Klik New/Tulis
    5. Isilah To/Kepada  : adieb1211@gmail.com 
    6. Subject/Judul  :  Ujian Praktek TIK (nama dan kelasmu).
    7. Pilih/Klik file yang akan di-Attachment-kan, kemudian klik Open.
    8. Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
    9. Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.


     SELAMAT MENGERJAKAN

    5 komentar: